Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat dengan Latihan Vestibular

Cara Mengatasi Vertigo Tanpa Obat dengan Latihan Vestibular

atasi vertigo

atasi vertigo

Bagaimana cara mengatasi vertigo yang ampuh? Mungkin selama ini lebih banyak orang yang mengatasi vertigo dengan menggunakan obat-obatan medis. Padahal sebenarnya ada cara non medis yang bisa dilakukan untuk mengobati vertigo. Penyakit yang satu ini memang harus segera diatasi. Jika tidak bisa menganggu aktivitas seseorang dalam bekerja. Vertigo merupakan gangguna keseimbangan yang biasanya terjadi pada telinga bagian dalam. Akibatnya penderita pun merasa pusing dan ruang di sekelilingnya terasa berputar atau melayang. Vertigo menunjukkan bahwa ada ketidakseimbangan di dalam tonus vestibular. Ketidakseimbangan ini disebabkan karena hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular. Atau bisa juga disebabkan karena kerusakan unilateral dari sel inti vestibular.

Mengatasi Vertigo Selain Menggunakan Obat-obatan
Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi vertigo, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai penyebab dari penyakit yang satu ini. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan vertigo. Vertigo tidak selalu disebabkan karena faktor keturunan. Bisa juga disebabkan karena migrain, radang pada leher, kelainan saraf, mabuk kendaraan, mabuk pengaruh alkohol, infeksi bakteri pada telinga, kekuarangan asupan oksigen ke otak, tekanan emosional, gangguan penglihatan, stress, dan lain sebagainya. Penyebab dari terjadinya vertigo tentu harus dicari tahu. Setelah itu vertigo harus segara diatasi agar tidak semakin menganggu aktivitas seseorang. Karena rasa pusing vertigo bisa menganggu sekali sampai membuat aktivitas tidak bisa dilakukan dengan baik.

Kebanyakan orang mengalami vertigo ketika tiba-tiba mengubah posisi kepala. Misalnya saja ketika baru bangun tidur atau berdiri dengan cepat. Pusing biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit. Vertigo jenis ini terjadi akibat masalah pada bagian dalam telinga yang kemudian dikenal sebagai Benign Paroxysmal Positional Vertigo. Selain itu, vertigo juga dapat disebabkan akibat gangguan sistem saraf pusat karena beberapa penyakit seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, stroke, atau bahkan tumor. Berikut ini akan lebih dibahas mengenai cara mengatasi vertigo selain melalui obat-obatan medis.

Salah satu cara mengatasi vertigo tanpa obat-obatan medis adalah dengan melakukan latihan vestibular. Tidak perlu membayangkan latihan vestibular sebagai salah satu cara yang sulit. Karena nyatanya latihan vestibular bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bahkan bisa melakukan latihan vestibular di rumah. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam latihan vestibular adalah berdiri dengan tegak. Setelah itu buka mata kemudian tutup mata anda. Langkah ini dilakukan sebanyak 5 kali. Kemudian gerakan selanjutnya yang dilakukan adalah memutar kepala. pasang dagu ke dada, kemudian putar kepala ke kiri. Setelah itu ubah arah menjadi ke kanan. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali.

Cara mengatasi vertigo dengan latihan vestibular ini masih berlanjut. Gerakan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan gerakan wajah menghadap ke atas. Setelah itu turun dengan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Kemudian setelah itu naik lagi dan menghadap ke atas perlahan-lahan dan lakukan hingga 3 kali. Gerakan yang berikutnya adalah melatih gerakan kepala miring. Caranya dengan mencoba untuk meletakkan telinga bagian kiri ke bahu kiri. Kemudian tahan sampai kira-kira 15 detik. Lalu lakukan juga hal yang sama pada telinga bagian kanan. Ulangi setiap bagian telinga masing-masing 3 kali. Setelah itu baru lanjutkan ke gerakan yang berikutnya.

Gerakan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah duduk. Dalam posisi duduk tersebut, punggung dalam keadaan lurus dan mata terbuka. Kemudian setelah itu berdiri lagi dan tutup mata anda. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 kali. Gerakan selanjutnya yang dilakukan adalah untuk melatih gerakan bola mata. Caranya yaitu dengan menggerakan bola mata anda ke kana dan ke kiri secara horizontal dalam keadaan mata terbuka. Kemudian ulangi lagi gerakan tersebut pada setiap arah masing-masing 3 kali. Lalu lanjutkan dengan menggerakan bola mata ke atas dan ke bawah secara vertikal. Lalu setelah itu lakukan praktek otot mata dengan mengikuti arah objek yang bergerak. Fokuskan mata anda pada obyek stasioner. Demikianlah sedikit cara mengatasi vertigo.

sumber : www.medicinenet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *