Khasiat daun pisang sebagai alas makanan

Khasiat daun pisang sebagai alas makanan

daun pisang

daun pisang

Berbagai macam variasi penyajian di sajikan oleh beberapa restoran, rumah makan maupun warung makan di indonesia. Mulai dari menggunakan piring beling, piring plastik, sterofoam, atau bahkan ada yang menggunakan dedaunan yaitu dengan daun pisang. Pada artikel ini kita akan membahas mengenai manfaat dari alas makanan dengan menggunakan daun pisang. Sebagai warga negara Indonesia, kita pasti sudah tidak asing dengan makanan tradisional dan banyak yang dihidangkan menggunakan alas daun pisang. Hal tersebut selain memberikan penyajian yang alami dan nyaman, namun makan dengan menggunakan alas daun pisang ternyata mempunyai banyak khasiat kesehatan.

Berikut beberapa khasiat kesehatan makan dengan menggunakan alas dari daun pisang

Menyehatkan tubuh
Khaisat yang pertama dari daun pisang sebagai alas makanan adalah dapat menyehatkan tubuh. Hal ini di karenakan daun pisang memiliki kandungan senyawa nabati polifenol epigallocatechin gallate. Senyawa polifenol ini merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit dalam tubuh kita.
Makanan yang ditaruh di atas daun pisang tersebut akan menyerap senyawa polifenol dari daun sehingga tubuh dapat menerima asupan nutrisi dari daun pisang tersebut. Bahkan daun pisang juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah timbulnya penyakit atau masalah pada sistem pencernaan.

Tidak mengandung bahan kimia
Khasiat berikut nya yang menyehatkan tubuh dari alas daun pisang adalah tidak mengandung bahan kimia. Dibandingkan dengan tempat makan plastik, styrofoam, dan kertas minyak yang banyak di gunakan sekarang ini, alas dengan daun pisang lebih natural dan bebas risiko keracunan karena tidak mengandung bahan kimia. Daun pisang tidak berisiko meningkatkan serangan kanker karena pengaruh bahan kimia sebagai alas makanan dibandingkan dengan alas lainnya.

Meningkatkan nikmat makanan
Khasiat selanjutnya adalah dapat menambah nikmat makanan. Daun pisang memiliki lapisan lilin alami yang tidak berbahaya untuk tubuh. Lapisan lilin tersebut dapat menambah nikmat rasa makanan serta dapat meningkatkan nafsu makan.

Higienis
Khasiat lainnya adalah higienis. Untuk menggunakan daun pisang sebagai alas makanan hanya perlu diberihkan dengan lap kain bersih basah. Jika Anda ragu dengan kebersihan suatu tempat makan, lebih baik Anda memilih makan dengan beralaskan daun pisang karena lebih bersih dari piring biasa. Hal Ini dikarenakan daun pisang memiliki sifat antibakteri yang mencegah terjadinya penyakit.

Itulah beberapa khasiat dari daun pisang yang dapat kita gunakan sebagai alas makanan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *